Archive for the ‘Tips’ Category

table maner

BeritaUnix – Mengunjungi negara lain akan membuat Anda berada di adat dan kebudayaan yang sama sekali berbeda termasuk dalam Etika Makan atau istilah keren nya Table Manner yang juga berbeda di setiap belahan dunia ini. Di antara banyaknya etika makan tersebut ada beberapa Etika Makan yang harus Anda ingat untuk tidak dilakukan di beberapa negara. Berikut ini adalah Etika Makan Yang ada di Beberapa Negara:

1. Cina

Salah satu adat makan tabu di Cina adalah jangan membalikkan ikan

Salah satu cara memakan daging ikan dengan bersih adalah membalikkan ikan tersebut ke sisi yang lain jika sisi satunya sudah tidak ada daging, tapi tidak begitu halnya jika Anda di Cina. Di Cina, adat makan seperti itu dianggap tabu dan Anda tidak boleh melakukannya karena kepercayaan bahwa dengan membalikkan ikan di atas piring maka Anda akan mengundang kesialan dalam kehidupan Anda.

Kepercayaan ini berakar dari kepercayana para pemancing. Mereka dan keluarga mereka tidak akan membalikkan ikan karena rasa takut akan kapal mereka juga akan terbalik saat pergi memancing. Oleh karena itu dalam memakan sisi lain ikan, masyarakat Cina akan menyisihkan tulang ikan barulah memakan bagian bawahnya (sisi lainnya).

2. Korea

korea

“Hormatilah orang yang lebih tua,” kebudayaan ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan di Korea mereka menerapkannya sampai ke adat makan mereka. Di Korea, ada adat tabu dimana kecuali jika Anda makan dengan teman terdekat Anda, Anda bahkan tidak boleh mengangkat alat makan Anda seperti sumpit dan sendok kecuali jika orang tertua di meja makan telah mengangkat alat makannya. Kemudian orang tertua di meja makan tersebut harus makan terlebih dahulu barulah Anda boleh makan. dan jangan tinggalkan meja jika orang tersebut belum selesai makan.

Jadi walaupun Anda sudah sangat lapar, sepertinya Anda harus lebih sabar lagi hingga orang yang paling tua mengangkat sumpit mereka. Kebudayaaan menghormati orang yang lebih tua memang sangat ketat dan merupakan tradisi penting di Korea, Dan Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Jika Seseorang Yang Lebih tua Menawarkan Minuman, Angkatlah Gelas anda Untuk Menerimanya Dengan Kedua Tangan, Jika anda melakukannya itu artinya anda memberikan rasa hormat pada Orang tersebut, ini adalah budaya yang penting di Korea. Setelah menerima minuman dengan kedua tangan, minumlah perlahan-lahan.

3. Jepang

Dalam membagikan makanan di Jepang jangan langsung gunakan sumpit

Dalam adat makan Jepang, ada satu adat tabu yang dikenal dengan nama Utsushi-bashi atauHiroi-bashi. Adat tabu itu melarang seseorang untuk membagikan makanan langsung dengan sumpit mereka. Jika Anda memang ingin membagikan makanan ke orang lain, maka letakkan makanan ke wadah seperti piring kecil baru berikan ke orang terkait wadah tersebut.

Alasan mengapa adat seperti itu dianggap tabu adalah karena sumpit juga digunakan dalam tradisi pemakaman Jepang sesudah kremasi, yakni untuk menganggap tulang mereka yang sudah dikremasi. Membagikan makanan dengan sumpit dipercaya menyerupai hal itu dan diangggap tidak menghargai tradisi serta mengundang kesialan.

Dan lagi Selagi makan, sumpitmu harus selalu ada di depanmu. Jika ada sandaran sumpit, gunakan itu untuk meletakkan sumpitmu. Cara meletakkannya adalah dengan meletakkan bagian ujung yang kecil di sandaran sumpitnya. Jangan pernah menaruh sumpit dengan menusukkannya di mangkuk berisi nasi. Di upacara pemakaman Jepang, mangkuk nasi dari almarhum biasa diletakkan di depan peti mati dengan sumpit ditusukkan ke dalam mangkuk nasi. Jadi jika kamu melakukan itu saat makan malam bersama, itu dianggap tidak sopan.

4. Chile

Di chile, makan dengan tangan adalah kebiasaan yang tidak sopan baik untuk pizza ataupun makanan lain

Jika Anda memutuskan untuk berwisata ke Amerika Selatan, khususnya di Chile (Chili), maka ingatlah bahwa masyarakat Chile menganggap makan dengan tangan itu adalah hal yang tabu. Baik jika Anda makan roti, pizza, kentang goreng, ataupun sandwich, janan pernah makan dengan tangan. Di Chile mereka memakan semua itu dengan garpu, pisau, dan sendok. Hal ini karena di Chile, sopan santu mereka lebih ke arah formal dengan basis kebudayaan Eropa.

5. Rusia

rus

Jika Anda di Rusia jangan campur minuman alkohol andadengan apapun bahkan es batu. Menambah sesuatu apapun ke dalam minuman anda memberi kesan merusak kemurnian dari minuman (kecuali itu adalah bir campuran, atau yang dikenal disini sebagai yorsh). Ada hal penting lain yang perlu diperhatikan, jika anda ditawari minum usahakan jangan menolaknya. Itu karena menawarkan minum pada seseorang merupakan tanda dari kepercayaan dan persahabatan, jadi adalah ide yang baik untuk menerimanya. Meski itu masih pukul 09.00. Dan di Rusia pun Tradisi kuno masih sangatlah kental khususnya saat kencan tradisional. Pada saat Anda makan di Restoran bersama dengan wanita Rusia, maka bersiaplah untuk membayar semuanya. Adat makan di Rusia atau tepatnya adat kencan, mengharuskan pihak pria untuk membayar segalanya, terlebih lagi karena wanita Rusia tidak akan membawa dompet mereka saat kencan formal.

Hal ini juga dapat dijumpai di negara-negara lain, namun berbeda dari Rusia biasanya pihak pria hanya akan membayar kencan pertama mereka. Negara lain yang juga memiliki tradisi sangat mirip dengan Rusia adalah Ukraina. Sebagai tambahan, adat makan tabu lainnya di Rusia adalah jangan pernah menjilat makanan dari perlengkapan makan Anda, khususnya pisau. Itu dianggap kasar.

6. Estonia

Estonia sangatlah mensakralkan roti, oleh karena itu roti jatuh harus diambil dicium baru disingkirkan

Roti adalah makanan paling utama dari makanan Estonia, jarang sekali ditemukan orang Estonia yang makan tanpa roti. Bahkan dalam kebudayaan Estonia ada istilah: “Austa Leiba, leib on vanem kui meie” yang berarti: “Hargailah roti; roti lebih tua daripada kita.” Oleh karena itulah mereka sangat menghargai roti dan banyak kepercayaan Estonia yang dapat ditemukan seputar roti. Salah satu adat makan mereka adalah jika Anda menjatuhkan sepotong roti, Anda harus mengambilnya, menciumnya, baru menyingkirkannya, namun beberapa malah mengatakan untuk memakannya.

7. Italia

Di Itali selalu tolak tawaran makan pertama baru menerimanya kemudian

Makanan itali sangatlah terkenal di dunia dan memang makanan di Itali sangatlah berlimpah. Namun selain fakta bahwa orang-orang Itali sangat senang jika makanan mereka dinikmati, menerima tawaran pertama untuk sebuah makanan dianggap adalah sebuah perilaku yang kasar. Oleh karena itu jika Anda berkunjung ke Itali dan ditawarkan makanan maka tolaklah sekali, maka mereka akan menawarkan yang kedua kali baru terimalah.

Tapi ingatlah satu adat makan tabu paling penting di Itali yakni untuk semua makanan, jangan pernah minta tambahan keju. Dengan meminta tambahan keju itu berarti Anda menantang keahlian si koki dalam memasak atau juga dapat berarti Anda sedang mencerca keahlian dari si koki.Selain itu orang Italia hanya meminum cappuccino di pagi hari saja. Akan dianggap aneh bila Anda memesan cappuccino saat makan siang atau malam di negara ini.

8. Tanzania

Adat makan tabu di Tanzania adalah datang lebih pagi itu menandakan ketidaksopanan

Di manapun, datang tepat waktu adalah sebuah tradisi kesopanan yang sudah sangat umum namun tidak sama halnya jika Anda di Tanzania. Bagi mereka, datang telat itu sudah tradisi karena adat makan mereka adalah memberikan waktu bagi si penjamu untuk mempersiapkan diri dan jika Anda datang lebih pagi itu dianggap tidak sopan. Kebudayaan mereka adalah datang telah 15 hingga 20 menit waktu yang dijanjikan, kemudian orang yang lebih tua di meja makan harus dilayani terlebih dahulu dengan si penjamu makan terakhir.

9. Perancis

images

Anda sudah terbiasa makan dengan terburu-buru karena kesibukan Anda? Maka di Perancis kebiasaan itu adalah hal yang tabu dan Anda harus belajar santai. Dibandingkan kepercayaan adat, dalam makan, masyarakat Perancis lebih mementingkan tata krama atau kesopanan. Oleh karena itu jika Anda terburu-buru dalam sebuah hidangan, menyisakan makanan Anda, atau meminta makanan Anda dibungkus itu dianggap bahwa Anda tidak menikmati makanan Anda. Selain itu di Perancis ada aturan makan yaitu jangan memakan roti sebagai hidangan pembuka. Anda harus memakan roti yang dihidangkan bersama menu utama. Selain itu orang Perancis juga punya kebiasaan menyendok makanan menggunakan roti, Makanlah roti sebagai pendamping makanan utama terutama jika Anda makan hidangan yang memakai keju. Etika lain yang mungkin agak berbeda dibandingkan tempat lain adalah menaruh roti secara langsung di atas meja dan bukan di atas piring bukanlah masalah disini bahkan dianjurkan. Dan yang lebih penting jangan sekali-kali mendiskusikan siapa yang akan membayar makanan karena patungan membayar tagihan makanan di Prancis dianggap tidak sopan.

10. Kazakhstan

Di Kazakhstan, setengah teh menandakan bahwa Anda memang diharapkan dalam sebuah perjamuan sedangkan penuh menandakan Anda diharapkan pulang

Teh adalah salah satu minuman paling utama di Kazakhstan, khususnya Teh Hijau dan Teh Hitam. Oleh karena itu adat perjamuan mereka juga dapat digambarkan melalui teh yang dihidangkan. Jika Anda sedang berjamu di Kazakhstan dan melihat teh yang disajikan hanyalah stengah atau 3/4 dari cangkir yang disajikan, maka jangalah terkejut karena itu memang adalah adat mereka sebagai tanda bahwa Anda boleh terus berbicara dan kehadiran Anda memang diinginkan. Namun jika cangkir itu sudah diisi penuh, maka itu pertanda bahwa Anda sudah boleh pulang karena si penjamu ingin Anda pergi.

11. Portugal

Tempat Merica & garam Baterai

Sebaiknya jangan meminta garam ataupun merica tambahan saat Agan menikmati makanan di negara Portugal. Meminta tambahan garam dan merica di negara ini dianggap sebagai penghinaan terhadap chef, apalagi jika Anda belum mencicipi masakan tersebut.

12. Mexico

taco

Orang Meksiko berpikir bahwa jika anda makan tacos dengan garpu dan pisau itu terlihat konyol dan terkesan berlebihan – sama seperti makan burger dengan sendok garpu. Menurut mereka cara makan yang benar adalah dengan menggunakan tangan.

13. Georgia

agr

Di jamuan makan Georgia yang disebut supra (jamuan tradisional), anggur hanya diminum ketika bersulang. Jadi tunggu sampai bersulang kemudian langsung minum satu gelas penuh sampai habis. Hal yang menguntungkan adalah biasanya gelas yang dipakai ukurannya kecil.

14. Thailand

grp

Ketika makan gunakan garpu anda hanya untuk mendorong makanan ke dalam sendok. Beberapa pengecualian: beberapa hidangan Thai dimakan dengan tangan – anda akan tahu jika hidangan yang disajikan memakai beras yang agak lengket. Makanan yang tidak dicampur dengan nasi juga boleh dimakan dengan garpu. Tapi menurut seorang penulis bernama Lela Punyaratabandhu, hal terburuk yang bisa anda lakukan saat makan hidangan dari bahan beras adalah menggunakan sumpit. “Itu akan sangat aneh dan tidak nyaman karena sumpitmu jadi lengket”, kata Lela.

15. Asia Dan Sebagian Afrika

makantangankiri

Makan menggunakan Tangan kiri Sangat tidak di Anjurkan Oleh beberapa Negara Karena dianggap kotor atau Tidak Sopan, contohnya Di India Selatan, anda bahkan tidak boleh menyentuh piring dengan tangan kiri selagi makan. Hal ini karena tangan kiri sering diasosiasikan dengan tangan yang sering dipakai ketika ke toilet, sehingga dianggap kotor. Bahkan menyerahkan dokumen dengan tangan kiri dianggap tidak sopan. Anda kidal? Maka rasanya anda perlu beradaptasi untuk menggunakan tangan kanan anda.

 

Itu adalah sedikit Gambaran mengenai etika makan yang ada di dunia, mungkin masih banyak hal-hal yang mengenai etika makan di penjuru Dunia.

 

 

Cewek ngambek itu adalah hal yang biasa. Pasti ada di setiap hubungan. Kalo cewek kamu gak pernah ngambek, mungkin justru kamu harus khawatir. Jangan-jangan cewek kamu terminator? Problemnya adalah, kaum pria suka sulit mengerti kenapa cewek ngambek dan bagaimana mengatasinya. Oleh karena itulah, kenali dulu tipe-tipe cewek ngambek dan apa yang harus kamu lakukan.
1. Ngambek Boongan

Ini adalah ketika seorang cewek ngambek untuk lucu-lucuan aja. Biasanya ini terjadi kalo kamu mengutarakan sesuatu yang kemudian disalah-artikan oleh pacar kamu, padahal kamu gak maksud begitu, dan sebenernya dia juga gak maksud gitu.

Contoh Kasus:

Kamu: Wah, Bar Rafaeli seksi abis ya! Gila!

Pacar: Jadi kamu suka sama dia…aku gak seksi…

Kamu: Lho kok gitu sih?

Apa yang Biasanya Kamu Lakukan:

Kamu jadi panik, terus jadi salah ngomong beneran, terus cewek kamu jadi marah beneran, terus berantem deh.

Apa yang Harusnya Kamu Lakukan:

Pertama-tama, jangan panik! Bilang kalo maksud kamu gak kayak gitu trus bilang ke dia sesuatu yang memuji-muji gombal gitu deh. Pokoknya sesuatu yang lucu-lucuan juga. Kalo kamu bawa serius, endingnya pasti malah berantem.

2. Ngambek Gak Ngaku

Ini adalah tipe ngambek yang paling sering dilakukan oleh para cewek. Ini adalah ketika kamu ngerasa mereka marah, tapi mereka bilang gak marah, eh tapi kok marah ya? Bingung? Ya gitu deh.

Contoh Kasus:

Pacar: Ya udah, kamu main bola aja deh sama temen-temen kamu.

Kamu: Terus kamu gimana?

Pacar: Tidur palingan.

Kamu: Kamu marah ya?

Pacar: Ngga. Udah sana gih. Aku bobo dulu ya.

Apa yang Biasanya Kamu Lakukan:

Kamu: Oh ya udah sayang. Selamat bobo ya. Aku main bola dulu.

Terus besoknya dia gak mau ngomong sama kamu, terus pas kamu tanya kenapa, dia cuma bakal jawab, “pikir aja sendiri!!”.

Apa yang Harusnya Kamu Lakukan:

Yah, gampangnya sih sebenernya dalam keadaan seperti ini, kamu lakukan sebaliknya dari apa yang cewek kamu bilang. Misalnya dia bilang “ya udah kamu sama temen-temen kamu aja” itu artinya kamu gak boleh sama temen-temen kamu dan harus sama dia. Sulit kan? Siapa suruh pacaran.

3. Ngambek PMS

Ini adalah ngambek paling gak jelas, fiktif, tapi sekaligus nyata. Kayaknya semua cewek pernah menggunakan alasan yang satu ini ketika mereka marah-marah gak jelas. Buat yang belum tau, PMS itu singkatan dari Premenstrual Syndrome, alias sindrome sebelum mens.

Contoh Kasus:

Kamu: Sayang, aku diterima kerja!

Pacar: Kok kamu gak bilang aku?

Kamu: Lah ini aku bilang kamu?

Pacar: Kok gak langsung bilang aku?

Kamu: Lah, ini aku langsung bilang kamu.

Pacar: Ah terserah kamu deh.

Apa yang Biasanya Kamu Lakukan:

Kesal karena ketidakjelasan yang terjadi. Lalu cewek kamu akan bilang kalo dia lagi PMS dan kamu harusnya mengerti. Kamu terdiam dan malah jadi gak enak.

Apa yang Harusnya Kamu Lakukan:

Gak ada. Terima nasib aja.

4. Ngambek Beneran

Ini adalah saat kamu beneran bikin salah sama pacar kamu dan dia marah. Salah yang dimaksud di sini adalah salah yang cukup parah, tapi dengan kebesaran hati pacar kamu, hal tersebut sesungguhnya masih bisa dimaafkan.

Contoh Kasus:

Pacar: Kamu inget gak ini hari apa?

Kamu: Selasa. Moso kamu gak tau?

Pacar: Ini ulang tahun ku.

Kamu: Oh.

Apa yang Biasa Kamu Lakukan:

Tergantung sih, kalo kamu orangnya yang gak mau ngalahan, mungkin kamu akan beralasan. Kalo kamu ngalahan, mungkin kamu bakal minta maaf. Sementara kalo kamu kreatif…mungkin kamu bakal langsung ngeles sambil mikirin sebuah ide cemerlang untuk mencegah pacar kamu ngambek.

Apa yang Harusnya Kamu Lakukan:

Ya udah sih, minta maaf aja.

5. Ngambek Parah

Atau sering disebut juga marah besar. Ini bisa terjadi kalau kamu melakukan kesalahan yang sulit dimaafkan, seperti misalnya selingkuh atau mungkin kamu membunuh orang tua pacar kamu.

Contoh Kasus:

Pacar: Kamu membunuh orang tuaku! Kini aku akan menuntut balas dendam!

*Fighting scene antara kamu dan pacar pun terjadi.

Apa yang Biasa Kamu Lakukan:

Ngelawan dong.

Apa yang Harusnya Kamu Lakukan:

Ya ngelawan dong. Apa lagi.


Otot panggul perempuan gampang sekali melemah akibat persalinan, usia atau kelebihan berat badan yang berakibat antara lain susah menahan pipis (beser). Untuk memperkuat otot panggul ini bisa dilakukan dengan senam kegel. Senam ini juga bisa memperbaiki aktivitas seks.

Panggul yang turun dan merupakan sebuah kondisi yang dikenal sebagai pelvic organ prolapse. Panggul turun akibat pelvic organ prolapse menimbulkan tekanan panggul yang tidak nyaman dan menyebabkan kebocoran urine. Pelvic organ prolapse memang tidak dapat dihindari.

Namun, senam Kegel dapat membantu menunda atau bahkan mencegah pelvic organ prolapse dan gejala yang terkait. Senam Kegel dapat memperkuat otot dasar panggul yang mendukung rahim, kandung kemih, dan usus.

Senam Kegel biasanya dilakukan bersama dengan konseling dan terapi seks, sehingga juga dapat membantu wanita yang memiliki masalah dalam mencapai orgasme.

Teknik senam Kegel yang mudah dilakukan caranya adalah kontraksikan (tahan lalu lepas) otot seperti menahan kencing untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Terus ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.

Latihan ini tergolong mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, sambil berjalan, sambil berdiri, atau berbaring.

Senam Kegel merupakan salah satu latihan fisik yang sangat mudah dilakukan dan dapat dilakukan dimana saja, bahkan sambil menyelesaikan pekerjaan lainnya. Senam Kegel memang dapat dilakukan kapan saja, bahkan saat mengemudi mobil, duduk di meja atau bersantai di sofa. Senam Kegel bahkan dapat dilakukan meskipun sedang hamil.


Bagaimana melakukan senam Kegel ?Dibutuhkan ketekunan untuk mengidentifikasi otot-otot panggul dan belajar bagaimana untuk melakukan kontraksi dan relaksasi dengan benar dan tepat. Seperti dikutip dari MayoClinic, Kamis (22/9/2011), beberapa petunjuk untuk senam Kegel, antara lain :


1. Mencari otot yang tepat
Masukkan jari di dalam vagina dan cobalah untuk menekan otot-otot sekitarnya. Panggul digerakkan ke atas agar vagina juga dapat bergerak. Kemudian lakukan relaksasi otot dan rasakan bahwa dasar panggul kembali ke posisi awal.Dapat juga mencoba untuk menghentikan aliran urine ketika buang air kecil. Melakukan senam Kegel dengan kandung kemih penuh dapat melemahkan otot-otot. serta dapat menyebabkan pengosongan kandung kemih yang tidak tuntas, sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.


2. Menyempurnakan teknik
Setelah mengidentifikasi otot-otot panggul dan mengosongkan kandung kemih, maka duduk atau berbaringlah. Lakukan kontraksi otot dasar panggul, tahan kontraksi tersebut selama 5 detik, kemudian lakukan relaksasi selama 5 detik.Cobalah 4 atau 5 kali secara berturut-turut. Kemudian tingkatkan durasi latihan tersebut dari 5 detik menjadi 10 detik, dan tentunya berilah jeda ketika akan memulai latihan lagi.


3. Menjaga fokus
Untuk hasil yang terbaik, fokuskan pada pengetatan otot dasar panggul. Hati-hati jangan sampai melenturkan otot-otot dalam, otot paha, otot perut atau otot bokong. Hindari jangan sampai menahan napas. Sebaliknya, bernapaslah dengan bebas selama latihan.

4. Lakukan senam 3 kali dalam sehari
Lakukan pengulangan latihan dari 3 hingga 10 kali setiap hari. Malakukan latihan berulang kali setiap hari sangat mungkin untuk senam Kegel, karena senam ini dapat dilakukan sambil melakukan aktivitas lainnya.

Ketika mengalami kesulitan
Jika mengalami kesulitan melakukan senam Kegel, jangan malu untuk meminta bantuan. Dokter atau penyedia layanan perawatan kesehatan lain dapat membantu Anda untuk dapat mengisolasi dan latihan otot dengan benar.

Dalam beberapa kasus, latihan biofeedback juga dapat membantu. Selama sesi latihan biofeedback, dokter atau penyedia layanan kesehatan akan memasukkan probe kecil ke dalam vagina.

Ketika melakukan kontraksi pada otot-otot panggul, akan terlihat pengukuran pada monitor, sehingga memungkinkan untuk mengetahui apakah telah berhasil melakukan kontraksi pada otot-otot yang tepat. Dapat juga untuk melihat berapa lama dapat mempertahankan kontraksi.

Jika perlu, stimulasi listrik kadang-kadang juga merupakan pilihan. Selama prosedur tersebut berlangsung, dokter atau penyedia layanan perawatan kesehatan lainnya akan memberikan arus listrik kecil pada otot-otot dasar panggul. Arus listrik dapat membuat kontraksi otot, yang biasanya menghasilkan sensasi berdengung. Setelah terbiasa dengan sensasi tersebut, Anda mungkin akan dapat mengulang latihan tersebut.

Jika melakukan senam Kegel dengan rutin, maka akan terlihat hasilnya, seperti kebocoran urine (beser) berkurang dalam waktu sekitar 8-12 minggu. Bagi beberapa wanita, senam Kegel dapat menyebabkan perbaikan yang signifikan dalam aktivitas seksual.
Namun, setidaknya senam Kegel dapat mencegah memburuknya masalah seksual. Agar senam Kegel dapat memberikan manfaat secara terus-menerus, maka sangat perlu dilakukan secara rutin.
BeritaUnix – sadarkah kita semua bahwa setiap aktifitas kita sehari hari banyak hal mulai dari pola hidup,makanan,minuman dll yang tanpa kita sadari dapat membunuhkita semua
Inilah 8 Hal Sehari-hari yang Bisa Membunuh Anda 

1 Terlalu Lama Duduk

Ini sebuah peringatan dari para ahli kesehatan bahwa duduk itu mematikan! Para ilmuwan mempertegas bahwa duduk dalam periode lama -sekalipun anda secara reguler berolahraga- bisa berakibat buruk pada kesehatan anda semua  . Tidak masalah di mana duduknya -kantor, sekolah, mobil atau bahkan di depan komputer dan televisi- hal buruk bisa terjadi jika terlalu lama duduk.

2. Makanan Sampah

Tanpa kita sadari bahwa dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata mengandung zat-zat kimia yang bersifat racun, baik itu sebagai pewarna, penyedap rasa dan dan bahan campuran lain. Za-zat kimia ini berpengaruh terhadap tubuh kita dalam level sel, sehingga kebanyakandari kita akan mengetahui dampaknya dalam waktu yang lama
Dampak negatif yang bisa terjadi adalah dapat memicu kanker, kelainan genetik, cacat bawaan ketika lahir, dan lain-lain.
Tidak ada cara untuk menghindar 100% dari bahan-bahan kimia itu dalam kehidupan kita sehari-hari, yang perlu kita lakukan adalah meminimalkan penggunaannya sehingga tidak melewati ambang batas yang disarankan.

3. Minum Minuman Keras

Dari kandungan minuman yang tidak baik,kita pasti sudah bisa  mengira-ngira kerugian apa saja yang akan timbul apabila mengkonsumsinya. Efek paling berbahaya ditujukan pada kesehatan tubuh kita sendiri
-• Kerusakan saraf
• Gangguan jantung
• Mengganggu metabolisme tubuh
• Menyebabkan gangguan pada ibu hamil
• Mengganggu fungsi reproduksi (seksual)
• Kemiskinan
• Gangguan jiwa

4. Mengemudi Kendaraan

“Kematian yang disebabkan kecelakaan di jalan meningkat dari 10,9 persen menjadi 15,8 persen 1999-2008, dan sebagian besar peningkatan terjadi setelah tahun 2005,” dikutip Reuters. “Pada 2008, sekitar 1 dari 6 tabrakan kendaraan yang fatal akibat pengemudi terganggu saat mengemudi,” kata laporan itu. Ditemukan 5.870 orang meninggal dalam kecelakaan yang disebabkan gangguan dalam mengemudi.

5. Merokok

Merokok memiliki dampak yang sangat buruk, karena rokok dapat merusak hampir seluruh organ tubuh manusia  , oleh karena itu merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat banyak, sedikitnya ada 24 penyakit yang fatal, misalnya kanker dan penyakit jantung . Dampak buruk merokok bagi kesehatan ini biasanya akan muncul dalam jangka waktu yang lama, di atas 5 tahun .

fakta nya :
-ada ribuan bahan kimia dalam setiap asap
-Sebagian besar perokok miskin
-20% bahan dari setiap rokok adalah gula
-Rokok Telah membunuh 100 juta orang dalam abad terakhir ini

6.Teknik / Cara Penyamakan Kulit

Didalam Industri Penyamakan kulit menggunakan bahan- bahan pembantu yang tersusun dari senyawa- senyawa kimia. Ada yang berwujud bubuk, kristal, maupun cair, semi liguid yang berbahaya terhadap kesehatan manusia  . Bahan- bahan kimia tersebut akan kontak dengan pekerja Industri Penyamakan Kulit dengan berbagai macam cara, yaitu melalui kontak dengan kulit atau dengan cara penghirupan dalam bentuk gas atau uap

Dibawah ini akan dijelaskan akibat yang ditimbulkan apabila kontak dengan bahan-bahan yang bersifat korosif/ beracun :

-menyebabkan bronkitis,
-kulit menyebabkan terbakar
-merusak buah ginjal juga otot- otot hati.
-menyebabkan iritasi pada kulit, mata, membran mukosa.
-menyebabkan mual, muntah-muntah dan pada akhirnya diikuti dengan kerusakan hati.
-menyebabkan muntah, diare, kolaps
-menyebabkan mual, muntah, diare, bahkan anemia. Naftol dapat diserap oleh kulit.

7.Perokok Pasif

Merokok tidak hanya merusak diri kita sendiri, juga merusak orang lain.  Terutama orang dekat kita. Mereka –bisa jadi putra/putri kita, istri kita– yang menghirup asap rokok pun terkena dampak buruk merokok yang lebih berbahaya.
kita boleh saja melarang putra/putri kita merokok, tetapi kalau kita sendiri merokok dilingkungannya, sama saja kita bersama mereka “merokok”. Mereka juga mengisap asap rokok dan menerima dampak buruk yang dihasilkan akibat merokok. Mereka adalah perokok pasif. Tidak merokok tapi kita paksa menghirup asap rokok.

ini menyebabkan putra/putri kita mempunyai risiko lebih tinggi untuk menderita kanker paru-paru, penyakit jantung koroner, dan gangguan pernafasan , Sedangkan pada janin, bayi dan anak-anak, paparan asap rokok juga dapat menyebabkan berat badan lahir rendah, bronchitis dan pneumonia, infeksi rongga telinga dan asthma. Bahkan, risiko kematian mendadak akibat asap rokok, juga ditemukan pada anak-anak di bawah umur.

8. Membuat marah pengguna senapan

BeritaUnix – Apakah buah hati atau anak-anak Anda kadang mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan tak terduga? Anda pasti sering mengalaminya. Entah merupakan pertanyaan sulit dijawab ataukah pertanyaan yang belum saatnya mendapat jawaban. Yang pasti, Anda jangan sampai terpojok, usahakan Anda mampu menghadapinya dengan cerdas.

Karena bagi buah hati Anda, jawaban Anda adalah jawaban yang dianggap paling benar olehnya. Tak jarang ketika bersama teman-temannya anak berkata,”Mama aku bilang begini, yang benar itu mama aku”.
Yups, anak akan lebih mudah menerima apa yang dikatakan orang tuanya dan jawaban itu dianggapnya yang paling benar.

Berikut ini tips bagaimana menghadapi pertanyaan-pertanyaan sulit dari anak secara cerdas:

1. Usahakan tetap tenang. Meskipun pertanyaannya sangat tidak diharapkan, jangan sampai reaksi Anda membuatnya enggan bertanya lagi di kemudian hari. Ini penting. Jangan sampai rasa ingin tahunya hilang karena ketika bertanya ke orang tuanya mendapatkan jawaban yang tidak semestinya.

2. Tak perlu segan mengatakan Anda tak tahu jawabannya (apabila memang sulit menjawabnya), tapi jangan lupa berjanji bahwa Anda akan mencari jawaban yang tepat dan akan memberitahukan pada anak sesegera mungkin.

3. Hargai usahanya untuk bertanya pada Anda dan bukan pada orang lain yang belum tentu bisa bertanggung jawab. Katakan, “Wah, menarik sekali pertanyaanmu, nak,” agar ia merasa nyaman dan tak merasa bersalah karena bertanya.

4. Jangan lupa berempati. Dalam komunikasi dengan anak, biasakan mencoba merasakan apa yang ia rasakan. Seringkali, ada perasaan tertentu yang membuatnya bertanya. Entah itu rasa takut, malu atau sedih.

5. Kadang diperlukan juga, dimana orang tua berlaku sebagai orang tua buat anak, kadang juga sebagai teman si anak.

Jadi ketika anak bercengkerama atau ngobrol dengan orang tuanya, anak merasa nyaman.

“Bunda orang nomor satu deh, paling bisa mengerti Faiz”

“Papa orang nomor satu deh, paling bisa ndengerin Andi, mau main game bareng, mau mendengarkan cerita buku bacaan Andi, dsb”

“Mama orang nomor satu buat Nana, paling bisa mengerti bagaimana perasaan Nana, bisa memberi masukan buat Nana dan mendengarkan keluh kesah Nana”

Setelah itu, anak akan merasa nyaman, bilang terima kasih mama, terima kasih papa, thank you mom, thank you dad, dsb karena perlakuan yang anak terima dari orang tuanya begitu baik, begitu nyaman, begitu perhatian dsb.
Jangan sampai ketika anak punya pertanyaan, ia malah bertanya ke orang lain, atau teman yang belum tentu bisa menjawab dengan baik dan belum tentu jawaban itu bisa dipertanggungjawabkan. Kadang anak yang memasuki usia remaja, merasa malu bisa mesti bertanya ataupun bercerita kepada orang tuanya, yang akhirnya mereka bertanya kepada teman dan orang lain.

Mungkin Dalam prakteknya sehari-hari tentu tak semudah yang kita baca dari tips di atas. Apalagi bagi yang anaknya sangat kritis bertanya. Ada beberapa juga dari orangtua yang mempunyai anak sangat kritis dalam bertanya. Kadang kita dituntut untuk belajar lebih banyak lagi karena datangnya pertanyaan dari anak.

Berikut ini adalah gambaran dan beberapa jawaban ‘cerdas’ pertanyaan-pertanyaan sulit dari buah hati Anda:

Mengapa aku tak boleh menonton film itu, mama?
(sambil menunjuk film dewasa). Anda harus menjelaskan bahwa film dibuat dalam beberapa jenis: film untuk anak-anak dan film untuk orang dewasa. Jelaskan bahwa dalam film dewasa mungkin ada adegan/cerita/dialog yang menakutkan yang bisa mengganggu pikiran. Jika anak Anda sudah cukup besar, jelaskan adegan dewasa yang mungkin ada di film untuk orang dewasa.

Kenapa Nenek Meninggal?”
Jangan bilang bahwa orang meninggal berarti sedang tidur lama. Salah-salah anak justru takut tidur. Jelaskan, bahwa yang hidup pasti akan mati. Jika ia sedih, biarkan ia lampiaskan kesedihannya. Anda bisa menenangkan dengan mengatakan, “Meskipun nenek tidak bersama kita lagi, kenangannya tetap ada di foto-foto yang kamu simpan kan? Yuk kita doain agar nenek bahagia di surga”. Jelaskan pula bahwa bersedih karena kehilangan orang yang kita sayangi adalah suatu hal yang biasa, normal dan wajar.

Apa itu kondom, Papa?
Jangan panik. Jika anak Anda sudah bersekolah, gunakan gambar yang menunjukkan bentuk organ tubuh pria dan wanita. Katakan bahwa kondom digunakan oleh pria untuk menghindari kehamilan atau penularan penyakit yang tidak diinginkan.

Apakah aku boleh berbohong?
Jika anak bertanya demikian, berarti ia sudah siap menerima penjelasan bahwa di dunia ini tidak selamanya hitam dan putih, ada abu-abu. Namun tegaskan bahwa kebohongan yang diperbolehkan adalah kebohongan untuk menjaga perasaan orang lain.
Beri contoh, misalnya dengan mengatakan,
“Apakah kamu ingat ketika Andre membawa makanan untuk kita? Saat dia Tanya apakah kamu suka masakannya, tentu demi sopan santun dan menjaga perasaan Andre, kamu harus menjawab ‘ya’ meskipun kamu sama sekali tidak suka sayur.”

Yang perlu Anda tekankan adalah bahwa berbohong sama sekali tidak baik jika alasannya untuk menghindar dari hukuman atau menyembunyikan kesalahan.

1. Pria sederhana lebih setia

Pria kaya cenderung lebih besar kemungkinan untuk selingkuh karena merasa memiliki banyak penghasilan dan mampu membiayai berbagai pihak

2. Pria sederhana lebih bisa menghargai perasaan wanita

Pria kaya biasanya memiliki harga diri terlalu tinggi sehingga lebih memikirkan perasaan sendiri daripada perasaan pasangannya

3. Pria sederhana lebih mau membantu pekerjaan rumah

Pria sederhana lebih mau mengerjakan pekerjaan-pekerjaan seperti menyapu mengepel sampai membantu mengurus anak

4. Pria sederhana lebih mengagumkan saat bercinta

Pria sederhana lebih mampu memuaskan di ranjang karena lebih berpikir mempertahankan pasangannya dengan cara ini dibanding pria kaya yg hanya berharap diberi kepuasan

5. Pria sederhana lebih sering menemani pasangannya

 pria sederhana biasanya lebih sering menghabiskan waktunya bersama dengan pasangannya ketimbang pria kaya yang lebih sering menghabiskan waktunya dgn rekan-rekan bisnisnya

6. Pria sederhana lebih mampu menjadi tempat bersandar dan curhat

Pria sederhana lebih menyediakan waktu untuk pasangannya dan mendengakan keluhan pasangannya

7. Pria sederhana lebih bersahabat dibanding pria kaya

pria sederhana lebih mampu untuk berbaur dengan teman-teman kita

8. Pria sederhana lebih care

pria kaya biasanya lebih memiliki sifat egois yg tinggi dikarenakan dia memiliki uang untuk membeli segala sesuatu, perhatian pria kaya ke wanita hanya sekedar perhatian dari segi materi, sedangkan pria sederhana berusaha membahagiakan pasangannya dengan perhatian sungguh-sungguh

9. Pria sederhana lebih menghargai kado sederhana

bahkan hanya sebuah kejutan istimewa pun bisa membuat dia bahagia dan tersenyum, dibanding pria kaya yg menilai hadiah ulang tahun dari nilai atau harganya

Tips Menjadi Pribadi yang Baik

Posted: September 15, 2011 in Tips
Tag:

Berita Unix – Nilai tambah itu bukanlah terminology yang hanya cocok untuk menjelaskan barang atau jasa yang bagus. Melainkan juga bisa digunakan untuk menjelaskan keberadaan seseorang didalam lingkungannya, terutama dalam lingkungan kerja. Kita semua suka sekali dengan benda yang memiliki nilai tambah. Kita juga suka kepada pelayanan yang bernilai tambah. Kita, juga sangat suka kepada orang-orang yang memiliki nilai tambah didalam dirinya. Maka jika kita bisa menjadi pribadi yang mempunyai nilai tambah bagi lingkungan, kita akan disukai oleh banyak orang. Di kantor, hanya mereka yang mampu memberikan nilai tambah itulah yang kita sebut sebagai karyawan yang unggul. Mereka yang tidak memiliki nilai tambah hanya disebut sebagai karyawan biasa saja, alias mediocre. Anda, tentu tidak terlalu senang kalau disebut mediocre, bukan?

Di supermarket, kita melihat begitu banyak barang sejenis dengan beragam pilihan. Lantas, apa yang menyebabkan Anda memilih salah satu dari jenis-jenis barang itu? Anda tentu memiliki alasan yang kuat. Mungkin Anda memilih karena harganya yang murah. Mungkin karena kualitasnya yang bagus. Mungkin karena kualitas bagus dengan harga yang ekonomis. Semua alasan yang Anda miliki itu adalah sesuatu yang Anda anggap sebagai nilai tambah. Di setiap kantor, ada begitu banyak karyawan dengan karakter dan perilakunya masing-masing. Mengapa ada karyawan yang disukai orang sekantor, dan mengapa ada yang menjadi bahan pergunjingan? Mengapa ada karyawan yang dihormati meski jabatannya tidak tinggi, dan mengapa ada yang dipandang sebelah mata? Itu juga soal nilai tambah yang dimilikinya dimata orang lain.

Ayo mari kita lihat nilai tambah apa saja yang harus ada di pribadi kita
1. Nilai tambah sering terletak pada hal-hal yang sederhana
Bayangkan ada 5 orang karyawan yang bekerja dalam sebuah unit. Atasan mereka selalu mengawasi dan memberitahu apa yang harus mereka lakukan. Setiap kali ada masalah di unit kerja itu, mereka selalu datang kepada atasan dan meminta petunjuk bagaimana menyelesaikannya. Jika atasan tidak ada, maka mereka menunggunya untuk mendapatkan solusi. Tiba-tiba salah satu dari ke-5 orang itu bilang; “Pak, tolong ajari saya cara menyelesaikan masalah yang timbul agar saya tidak harus menyulitkan Bapak jika hal serupa terjadi lagi.” Itu nilai tambah. Contoh lain. Sekelompok karyawan sudah ‘selesai’ dengan tugasnya. Lalu mereka menunggu perintah atasan selanjutnya sambil bersantai di kantin. Salah seorang dari mereka mengambil inisiatif untuk membersihkan perlengkapan kerjanya, merapikan meja kerja, memeriksa lagi kalau ada yang terlewat saat mengerjakan tugasnya, memastikan laporannya benar-benar lengkap sehingga atasannya tidak harus bolak-balik menelepon. Itu adalah nilai tambah. Perhatikanlah; nilai tambah sering terletak pada hal-hal sederhana seperti itu.
2. Nilai tambah itu menghemat banyak waktu
Banyak orang yang enggan memberikan nilai tambah bagi perusahaan karena mengira bahwa hal itu menuntut waktu bekerja yang lebih lama. Nilai tambah tidak sama artinya dengan lembur, atau pulang larut malam. Nilai tambah adalah sesuatu yang kita lakukan dengan kualitas yang melebihi rata-rata karyawan ditempat itu. Misalnya, coba Anda perhatikan, apakah atasan Anda sering kesal karena pekerjaan yang harus diulang-ulang akibat kecerobohan team Anda? Atau mungkin karena kurang lengkapnya data yang disediakan? Jika Anda bisa bekerja secara fokus, teliti, dan komprehensif sehingga hasil kerja Anda nyaris tidak mengandung kesalahan, dan semuanya Anda sajikan dengan lengkap sehingga atasan menjadi puas tanpa harus terlebih dahulu mengomel, maka itu adalah nilai tambah. Justru, mereka yang sering membuat kesalahan karena ketidaktelatenan itulah yang memhabiskan waktu lebih lama. Sedangkan Anda yang telaten dan bekerja dengan baik, menghemat banyak waktu. Jadi, nilai tambah Anda itu justru menghemat banyak waktu.
3. Nilai tambah tidak berada di jalur umum

Jika Anda ingin memiliki nilai tambah, maka mengikuti arus yang diciptakan oleh kebanyakan orang bukanlah tindakan bijaksana. Kebanyakan orang hanya akan menghasilkan ‘nilai umum’, yaitu nilai rata-rata. Bahkan, jika Anda perhatikan baik-baik, banyak orang yang bahkan nilai pribadinya lebih rendah dari nilai umum. Contoh, berapa banyak orang yang tidak memiliki motivasi untuk bekerja secara maksimal? Mereka bekerja dengan baik? Mungkin. Tetapi, mereka bekerja hanya atas dasar gaji belaka. Bahkan, banyak yang asal-asalan. Di back office, banyak orang yang berprinsip; “pokoknya udah gue kerjain!” atau “yang penting muka gua kelihatan jam 8 sampai jam 5”. Mereka tidak memikirkan apa hasil kerjanya. Di lapangan, banyak juga orang yang menyia-nyiakan amanah. Waktu untuk bertemu klien, misalnya. Meski tidak benar-benar bertemu tapi tercatat dalam laporan, lengkap dengan tangan tangan klien yang entah didapatkan dari mana. Apakah Anda bekerja dilapangan atau di back office, nilai tambah tidak terletak pada kebiasaan yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Asal dikerjakan, atau asal ‘selesai’. Nilai tambah, adalah soal kualitas kerja yang lebih baik dari orang lain. Artinya, itu tidak berada dijalur umum.
4. Nilai tambah ada dibalik hal-hal baru.

Tidak semua orang yang berada dalam jalur umum bekerja kurang bagus seperti yang saya uraikan dalam point sebelumnya. Banyak juga orang-orang dijalur umum yang tetap berkinerja bagus. Pada umumnya, mereka adalah orang-orang yang berdedikasi dan berprestasi tinggi. Apakah masih ada nilai tambah yang bisa kita bangun di lingkungan kerja yang sudah bagus itu? Ada. Perhatikanlah, biasanya unit kerja yang berkinerja bagus itu punya efek samping. Apakah efek sampingnya? Mereka cenderung terpaku kepada hal-hal yang itu-itu saja. Kebanyakan orang enggan untuk mengganti metode atau bereksperimen dengan pola, cara, atau hal baru. Kita cenderung ingin bermain aman, sehingga selama bertahun-tahun lamanya tidak beranjak kepada hal lain. Apakah itu bagus? Mungkin. Jika kompetitor tidak melakukan yang lebih baik. Atau pelanggan tidak menuntut lebih banyak. Faktanya tidak selalu begitu. Makanya, kita mempunyai konsep ‘continuous improvement’. Artinya perbaikan terus-menerus, meskipun kita merasa apa yang saat ini dilakukan sudah baik. Anda bisa memperoleh nilai tambah dengan cara belajar hal baru dari orang-orang pilihan yang Anda nilai punya sesuatu yang bernilai lebih.