Sejarah dan Fakta bahwa YOGA Haram

Posted: September 8, 2011 in News
Tag:, , , ,

Sejarah Yoga

Yoga (Aksara Dewanagari योग) dari bahasa Sansekerta (योग) berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun.[1][2]

Orang yang melakukan tapa yoga disebut yogis, yogin bagi praktisi pria dan yogini bagi praktisi wanita.

Sastra Hindu yang memuat ajaran Yoga, diantaranya adalah Upaishad, Bhagavad Gita, Yogasutra, Hatta Yoga serta beberapa sastra lainnya.

Klasifikasi ajaran Yoga tertuang dalam Bhagavad Gita, diantaranya adalah Karma Yoga/Marga, Jnana Yoga/Marga, Bakti Yoga/Marga, Raja Yoga/Marga.

FAKTA YOGA HARAM

KUALA LUMPUR – Majelis Fatwa Kebangsaan Malaysia (MFKM),mengumumkan bahwa yoga itu haram buat seorang muslim jika dilakukan secara sistematik yang terdiri dari gerakan fisik, baca mantera (doa-doa) hindu, dan meditasi yang menyatukan diri manusia dengan tuhan.

Tapi yoga yang mana yang dilarang MFKM. “Jika dilakukan secara sistematik yang mengandung ketiga unsur tadi maka hal itu bertentangan dengan syariat Islam. Haram hukumnya,” kata ketua MFKM Prof Dr Abdul Shukor Husin, dalam jumpa pers di Putrajaya, Sabtu.

Tapi jika melakukan yoga sebagai suatu senam atau olah raga saja itu tidak diharamkan, namun umat Islam disarankan untuk tetap tidak melakukannya, karena khawatir masuk lebih jauh kepada yoga sistematik, kata Abdul Shukor.

MFKM mengeluarkan fatwa bukan sembarangan. Larangan itu dikeluarkan setelah melakukan kajian dan penelitian. “Setelah meneliti dan mengkaji semua masukan, serta mempelajari yoga yang berasal dari masyarakat Hindu sebelum Masehi ternyata merupakan gabungan gerakan fisik, unsur religius, doa dan pemujaan untuk mendapatkan ketenangan yang akhirnya seolah-olah sudah menyatu dirinya dengan tuhan. Ini tidak sesuai dan merusak akidah,” katanya.

Pelarangan yoga sistematik bagi umat Islam berlaku juga di Singapura dan Mesir. Jadi Malaysia tidak sendirian dan juga tidak yang pertama mengharamkan yoga sistematik, tambah dia.

Fatwa MFKM itu muncul setelah seorang dosen di UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia) Prof Zakaria Stapa menasihatkan orang Islam yang mengikuti senam yoga untuk menghentikannya karena dapat mengganggu akidah.”Sholat jauh lebih membuat ketenangan jiwa dibandingkan yoga,” kata Zakaria.

Komentar
  1. yuyun sudrajat mengatakan:

    aku rasa masalah ini, sebaiknya tidak jadi bahan perdebatan karena ini menyangkut keyakinan masing, orang yang beragama hindu tentu meyakini agamanya yang paling benar, demikian juga bagi umat muslim meyakini bahwa islam agama yang paling benar, kalau boleh di ibaratkan dua orang sma=sama mau menyelam kedalam sungai, orang pertama niatnya mencari pasir sedangkan orang kedua niatnya mencari batu bagi orang yang yang pertama begitu mendapatkan batu tentunya diabaikan karena niatnya mencari pasir demikian juga orang yang kedua begitu ketemu pasir tentunya akan diabaikan karena niatnya untuk mencari batu,.jadi menurutku yoga itu baik untuk orang yang meyakininya terutama yang beragama hindu, sedangkan Sholat juga baik bagi orang yang meyakininya teruma orang muslim, secara sosial semua agama itu baik, karena tidak ada satu agama apapun yang menyuruh orang untuk berbuat salah, dan tidak ada satu agama manapun yang melarang berbuat baik, sebaiknya marihal kita jalani sesuai keyakinan masing-masing, apa yang kita yakini akan baik untuk kita apa yang orang lain yakini tentu akan baik menurut dirinya.

  2. trijaya mengatakan:

    Semua agama mengajarkan cinta kasih,menyayangi semua ciptaanNYA.Jika ingin hidup damai di bumi ini sebarkanlah cinta kasih itu.Hendaklah saling menghormati dan toleransi.Apapun keyakinan seseorang silahkan,yang penting aplikasi dikedupan bermasyarakat mendatangkan hubungan yang harmonis , orang merasa bahagia,damai,sejuk,nyaman itulah sebenarnya orang beragama.jadilah orang – orang beriman dan soleh,penuh cinta kasih, jadi panutan agar mendapat ancungan jempol orang banyak.Damaikan hati,damailah selalu.

  3. jaelani rahmat mengatakan:

    yg pnting niatny itu dlu senam utk apa ? utk olah rga atau memamerkan aurat di muka umum ?
    n byak koq bju senam yg dpt mnutupi aurat kya baju senam muslim gtu ??

  4. bayu putra mengatakan:

    salam kenal gan….. ya bener tuh yg penting niatnya dulu itu gimana…??? hmmm ngomong2 nich kalo tempat jual baju senam murah via online itu apa websitenya ya gan…. ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s